Air terjun Tumpak Sewu atau Cuban Sewu adalah air terjun yang terletak di perbatasan Malang dan Lumajang, Jawa Timur, tepatnya di kecamatan Ampel gading (Malang) dan Pronojiwo (Lumajang). Jarak antara wisata air terjun ini dari kota Malang kurang lebih 65 km, sedangkan dari kota Lumajang sekitar 55 km. Rute jalan yang diambil jika berangkat dari kota Malang adalah lewat jalur Malang Selatan, yaitu Bululawang – Turen – Dampit - Ampel Gading – Air Terjun Tumpak Sewu (Lokasi di sebelah kanan jalan). Sedangkan jika anda lewat Lumajang rute jalan yang harus dilewati adalah Pasirian – Piket Nol – Pronojiwo – Air Terjun Tumpak Sewu (Lokasi di sebelah kiri jalan), tetapi harus masuk gang terlebih dahulu. Tenang saja, sudah terdapat banner arah menuju gang tersebut dan jarak pintu gang hingga lokasi air terjun hanya sekitar 300 meter saja.

Melewati perkampungan penduduk memang menjadi pemandangan yang cukup membuat hati tentram dan rindu kampung halaman. Banyak warga yang beraktifitas disekitar rumah, jika ada pengunjung yang melewati jalan depan rumah, mereka tak sungkan untuk menyapa pengunjung sekalian (sangat ramah mungkin, ini yang membuat anda betah). Setelah sampai di lokasi, maka anda bisa memarkirkan kendaraan di tempat parker, tenang saja tempat parkirnya sudah nyaman dan aman, disekelilingnya juga terdapat fasilitas toilet dan warung makanan. Setelah memarkirkan kendaraan anda bisa langsung membeli tiket masuk seharga 5000 rupiah saja dan anda dapat langsung melanjutkan perjalanan ke lokasi air terjun.

Trek yang harus dilalui awalnya cukup mudah yaitu melalui perkebunan penduduk setempat, setelah itu barulah trek yang cukup ekstrim siap menyapa kita. Trek yang dilalui adalah dengan menuruni jalan setapak dan anak tangga yang terbuat dari bambu dan hanya disediakan tali beserta batangan bambu untuk berpegangan (yah seperti kalo kita naik tangga kayu di rumah lah). Kondisinya cukup licin saat musim penghujan, posisi kemiringan anak tangga juga sangat bervariasi. Malahan yang paling ekstrim ada anak tangga yang kemiringannya hampir 90 derajat (agak menakutkan juga, hehe).
Trek menuju Air Terjun

Pengunjung yang Berusaha ke Air Terjun

Trek ini cukup tinggi dan tentunya cukup menguras tenaga, tapi tenang saja ada tempat untuk beristirahat, tapi ya begitulah hanya berupa tempat yang cukup sempit. Di tiap-tiap akhir anak tangga juga ada penjaganya, jadi kita bisa meminta bantuan jika mengalami kesulitan. Meskipun begitu dibutuhkan konsentrasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jika sedang hujan, maka para pengunjung tidak diperkenankan untuk menuju lokasi air terjun, karena kondisi anak tangga cukup licin dan kawasannya rawan longsor. Disarankan juga agar menggunakan sandal yang kuat agar tidak mudah terpeleset. Setelah menuruni semua anak tangga barulah kita menyusuri dan menyeberangi sungai kecil. Akhirnya kita sampai di lokasi Air Terjun Tumpak Sewu. Sungguh pemandangan luar biasa yang telah dilukiskan sang Maha Pencipta untuk bumi pertiwi ini, bahkan penduduk sekitar menyebutnya “Serpihan surga”. Cukup mencengangkan juga, tapi memang gelar tersebut sangat pantas diberikan pada air terjun Tumpak Sewu ini.
Berikut ini sedikit foto Air Terjun Tumpak Sewu:




















Mohon kerjasamanya untuk menjaga tempat wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Cintailah negeri ini niscaya banyak hal baik yang akan menjumpaimu. J

0 comments:

Post a Comment

 
Top