Tahukah sobat dengan air terjun Madakaripura? Itu loh air terjun yang identik dengan Mahapatih Majapahit Gajah Mada. Tidak apa-apalah kalo memang nggak tau, hehe. Air terjun Madakaripura adalah air terjun yang terletak di kecamatan Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur. Air Terjun ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Ya memang TNBTS ini memiliki banyak tempat wisata yang unik dan sangat indah untuk dikunjungi, salah satunya ya air terjun Madakaripura ini.

Sejarah singkat tentang air terjun Madakaripura tidak terlepas dari sejarah panjang kejayaan kerajaan Majapahit. Dimasa kejayaannya yang dipimpin oleh raja Hayam Wuruk dan Patih Gajah Mada, kerajaan Majapahit dapat memersatukan nusantara dari Wanin hingga Madagaskar (jauh lebih luas kekuasaan Majapahit daripada Indonesia sekarang). Nah, Madakaripura inilah yang digunakan oleh patih Gajah Mada untuk memanjatkan doa dan bersemedi demi mimpinya untuk memersatukan nusantara, Dan akhirnya nusantara benar-benar dapat disatukan. Madakaripura dipilih Gajah Mada karena beliau meyakini tempat tersebut memiliki kekuatan dan hubungan erat dengan Tuhannya agar keinginan beliau bisa tercapai. Para sobat tau nggak, berdasarkan kepercayaan masyarakat setempat, mereka percaya bahwa Madakaripura ini juga digunakan oleh sang Patih untuk menghabiskan sisa hidupnya demi melakukan semedi dan moksa (meninggalkan dunia beserta raganya) menuju nirwana. Dari sejarah panjang itu maka nama Madakaripura disematkan pada tempat sakti tersebut. Mada Kari Pura artinya “Tempat Tinggal Terakhir” yang mana memang Madakaripura dipercaya sebagai tempat terakhir Patih Gajah Mada meninggalkan dunia.

Jika para sobat mengunjungi air terjun Madakaripura, maka para sobat akan merasakan aura mistis yang kental. Ini mungkin dikarenakan tempatnya yang terpencil dan merupakan tempat keramat bagi kerajaan Majapahit. Air terjun Madakaripura memiliki keunikan serta keindahan yang tidak bisa dipandang sebelah mata karena air terjun ini memiliki banyak sekali air terjun mini, dan ada 1 air terjun utama. Air terjun utama memiliki ketinggian kurang lebih 200 meter yang mana merupakan air terjun tertinggi kedua di Indonesia setelah air terjun Sigura-gura di dekat Danau Toba, Sumatera Utara. Air terjun utama memiliki kedalaman hingga 7 meter dan airnya selalu berwarna hijau (mungkin saking dalamnya) tapi inilah kecantikan air terjun Madakaripura yang sesungguhnya. Para sobat juga harus tau bahwa air terjun mini disini juga memiliki keindahan yang luar biasa, karena air terjun ini mirip sekali dengan tirai sehingga banyak yang menyebut air terjun tirai. Air terjun tirai ini juga seringkali menghasilkan pelangi yang indah jika sinar matahari menyinari air terjun tersebut.

Para sobat jika ingin pergi ke air terjun Madakaripura maka jalur yang ditempuh adalah melewati jalur pantura. Jika dari Surabaya maka arahkan kendaraan sobat menuju jalur pantura, pasti sobat akan menjumpai jalan yang lurus ke arah timur. Jalan tersebut melewati Kabupaten Pasuruan. Setelah itu para sobat tinggal lurus saja mengikuti jalan sampai para sobat bertemu dengan gapura “Selamat datang Kab. Probolinggo”, tinggal lurus saja dan sobat akan menjumpai penunjuk jalan menuju ke arah Gunung Bromo. Para sobat harus belok ke kanan mengikuti arah ke gunung Bromo dan setelah itu para sobat tinggal mengikuti jalan sampai ke lokasi air terjun Madakaripura, tenang aja kok, jalannya sudah enak dan ada penunjuk jalannya, jadi tinggal ngikut saja, hehe.

Sesampainya di lokasi maka para sobat harus membayar tiket masuk seharga 8000/orang dan sobat bisa memarkirkan kendaraan sobat di tempat parkir yang sudah disediakan. Oh ya, harap diketahui bahwa banyak sekali pungutan liar yang terjadi di tempat parkir ini, mulai dari cuci kendaraan sampai adanya pungli-pungli yang tidak masuk akal, jadi jangan heran jika pada waktu pulang nanti para sobat akan dimintai uang sebagai balas jasa cuci kendaraan (padahal Cuma disiram aja). Inilah yang membuat kita semua terusik dengan ulah nakal warga sekitar. Lebih baik bilang aja ke pengelola parkir agar kendaraannya tidak usah dicuci agar tidak terkena pungli. Setelah sobat memarkirkan kendaraan maka sobat akan ditawari oleh warga sekitar untuk menyewa tour guide (bukan ditawari se, malahan memaksa). Tarif tour guidenya juga macam-macam, mulai dari 50 ribu, sampai 150 ribu. Jadi saya sarankan kepada sobat sekalian, kalua memang membutuhkan tour guide pandai-pandailah menawar harganya, kalo gak perlu maka tolaklah dengan halus.

Setelah itu sobat harus berjalan kaki sejauh 1 km agar sampai ke lokasi air terjun. Tenang aja, sudah dibangun jalan yang cukup bagus kok, jadi gak perlu khawatir terjatuh. 
Jalan Menuju Air Terjun Madakaripura
Dalam perjalanan para sobat akan disuguhi pemandangan sungai dan tebing-tebing yang sangat indah khas pegunungan yang membuat para sobat tidak merasa kelelahan meskipun jalannya kadang naik turun. Sesampainya di lokasi, maka sobat bisa menitipkan barang bawaan seperti tas atau sepatu di tempat penitipan (sudah ada penitipannya lho). Disana juga dijual jas hujan untuk melindungi badan jika tidak ingin basah, karena jika ingin ke air terjun utama harus melewati sungai dan air terjun mini sehingga para sobat pasti akan kebasahan. Tapi saran saya ya memang harus berbasah-basahan kan disana wisata air, masak harus kering-keringan, hehe. Setelah para sobat melewati sungai dan air terjun mini yang indah maka sobat akan sampai di air terjun utama Madakaripura. Hal yang melelahkan selama perjalanan akan terbayar jika melihat air terjun ini karena keindahannya yang luar biasa. Oh ya sobat disarankan untuk tidak mandi di air terjun utamanya ya, karena airnya cukup dalam, airnya juga cukup dingin sehingga berbahaya jika harus berenang didalamnya. Cukup sekian ya informasi dari saya. Inia da sedikit foto tentang air terjun Madakaripura:



















Mohon untuk tidak membuang sampah sembarangan. Jaga dan lestarikan negeri ini agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti.


Next
This is the most recent post.
Previous
Older Post

0 comments:

Post a Comment

 
Top