B29 adalah sebuah bukit yang berada di desa Argosari, kecamatan Senduro, Lumajang, Jawa Timur. Nama B29 diambil dari bukit tersebut yang berada pada ketinggian 2900 mdpl. Nah, sobat pasti bertanya apa sih keistimewaan B29 itu? Yap, B29 banyak disebut orang sebagai Negeri diatas Awan. Waw keren kan?

Sebutan Negeri diatas Awan memanglah pantas dianugerahkan pada desa Argosari atau puncak B29 dikarenakan jika dilihat dari bawah, maka desa tersebut seakan-akan melayang diatas awan. Kawasan B29 ini juga digunakan untuk melihat pemandangan gunung Bromo dari view yang berbeda. Biasanya kan sobat lihat Bromo dari Penanjakan ya? Nah kalo di B29 ini menawarkan pemandangan Bromo dari letaknya tersendiri. Tentunya jika para sobat mengunjungi tempat ini, para sobat akan merasakan pemandangan yang luar biasa, seolah-olah anda diatas awan, yah karena para sobat memang sedang berada pada lautan awan, hehe. Dari B29 ini sobat tentunya berada pada titik dimana para sobat lebih tinggi dari gunung Bromo, jadinya memiliki sensasi tersendiri menjadi lebih tinggi dari gunung Bromo. Pada pagi hari, B29 juga dapat digunakan untuk melihat Sun Rise yang sangat indah. Jika para sobat beruntung, awan akan turun pada lautan pasir gunung Bromo, ini membuat pemandangan yang sangat indah, cocok diabadikan dalam sebuah foto, hehe.

Rute perjalanan yang harus ditempuh yaitu langsung saja sobat menuju ke kecamatan Senduro, Lumajang. Nanti sudah ada penunjuk jalan ke arah desa Argosari atau puncak B29. Tenang saja, jalan yang dilalui sudah baik kok, bisa dilewati kendaraan roda 4 juga. Setelah sampai di desa Argosari, nanti para sobat akan bertemu gapura “Selamat datang di negeri atas awan”. Wah sudah dekat ternyata, hehe. Nanti para sobat tinggal mengikuti penunjuk jalan yang sudah dipasang oleh pihak pengelola wisata. Setelah itu para sobat bisa memarkirkan kendaraan di rumah-rumah warga yang menyediakan tempat parkir. Tenang saja, warga di desa Argosari sangat ramah, jika kita lewat di depan rumah mereka pasti mereka dengan senang hati menyapa para pengunjung sekalian. Yah memang budaya Jawa kan saling menyapa, hehe.

Gapura Desa Argosari

Setelah para sobat memarkirkan kendaraan, para sobat bisa membeli tiket masuk Rp.3000 rupiah saja. 

Tempat Parkir B29

Setelah itu para sobat harus berjalan menaiki bukit untuk sampai ke lokasi wisata, jaraknya kira-kira 1.5 km. Jalanan yang menanjak memang cukup menguras tenaga bagi pendaki pemula, tapi cukup mudah bagi yang biasanya mendaki. Kondisi jalan berupa pasir dan sebelah kiri kanan jurang yang cukup dalam, dibutuhkan konsentrasi dan kehati-hatian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Pemandangan yang disuguhkan sewaktu mendaki juga sangat bagus. Untuk para sobat yang tidak ingin mendaki tenang saja, sudah ada jasa tukang ojek kok. Tukang ojek ini akan mengantarkan para sobat sekalian untuk sampai ke lokasi wisata. Harganya sangat bervariasi, tapi kebanyakan mereka minta 50 ribu untuk ongkos pulang pergi. Jadi pandai-pandailah menawar harga ojek jika ingin menggunakan fasilitas ojek. Setelah sampai di puncak B29 maka pemandangan yang luar biasa indah pun dapat sobat nikmati disana, yah bolehlah sambal berfoto-foto untuk mengabadikan momen yang indah itu, hehe. Oh ya kalo sobat ingin bermalam disana, sobat bisa mendirikan tenda disana kok. Jadi bisa berlama-lama disana, hehe. Itu saja informasi dari saya, satu lagi saya ingin mengshare foto keindahan B29 ini, barangkali bisa menarik minat para sobat untuk berkunjung kesana, hehe:















Mohon kerjasamanya untuk menjaga tempat wisata ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Cintailah negeri ini agar bisa dinikmati oleh anak cucu kita nanti.

Salam Traveller J

0 comments:

Post a Comment

 
Top