Para sobat sudah tau nggak apa itu pantai Batu Bengkung? Itu lho yang kemaren dirayain sama acara tv “My Trip My Adventure” untuk anniversarynya. Kalo masih belum tau gakpapa lah, hehe. Pantai Batu Bengkung adalah sebuah pantai yang terletak di desa Gajah Rejo, kecamatan Gedangan, Malang, Jawa Timur. Lokasi pantai dari kabupaten Malang kira-kira sekitar 57 km. Jika sobat pernah berkunjung ke pantai Bajul Mati, maka sobat hanya perlu beranjak sekitar 1 km untuk sampai ke pantai ini. Yah memang pantai ini merupakan deretan pantai selatan, mulai dari pantai Goa Cina, Pantai Bajul Mati, pantai Jelangkung, pantai Batu Bengkung, dll, banyak deh. Ya begitulah khas pantai Malang selatan, banyak destinasi wisata pantai indah yang berjajar (bisa pilih-pilih tuh, hehe). Tapi recommended buat para sobat kalian, jika ingin mengunjungi pantai selatan maka rugi jika nggak mampir ke Batu Bengkung ini.

Pantai Batu Bengkung ini memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai di Malang Selatan yang lain, yaitu adanya karang berjajar yang menahan deburan ombak di area pantai. Keunikan selanjutnya yaitu terbentuklah kolam alami hasil deburan ombak yang melewati celah-celah batu karang penahan ombak. Jadi, para sobat nggak perlu khawatir jika ingin bermain air di pantai ini karena pantai Batu Bengkung memiliki ombak yang cukup besar. Jika air laut pasang maka air akan menggenangi kolam dan sampai ke pasir putih disekitar pantai. Pantai ini juga memiliki tebing karang yang banyak dan indah, selain itu para sobat juga bisa menaiki tebing tersebut. Yah dibutuhkan kehati-hatian agar tidak terjadi apa-apa, karena jalannya cukup licin dan sebelah kanan-kiri langsung berhadapan dengan laut yang ombaknya cukup ganas. Tapi kalo sobat pengen pemandangan yang lebih indah maka recommended lah buat naik ke atas tebing melihat deburan ombak besar yang menabrak karang. Oh ya, pantai ini juga memiliki spot sunset yang sangat baik karena menghadap langsung ke arah barat, cocok untuk diabadikan dalam foto sobat, hehe.

Untuk menuju pantai ini, para sobat harus menuju ke jalur pantai selatan di Malang, setelah itu sobat gunakan saja rute menuju pantai Sendang Biru (tenang aja, banyak penunjuk jalannya kok). Kemudian sobat harus melewati jalanan berbukit khas pantai selatan, lalu arahkan kendaraan untuk melewati pantai Goa Cina dan Bajul Mati. Setelah itu sobat akan melewati jembatan Bajul Mati, Pantai Bajul Mati, dan Pantai Jelangkung. Sobat cukup lurus saja mengikuti jalan. Dan akhirnya sobat akan sampai di Pantai Batu Bengkung (ada tulisan BATU BENGKUNG kok), lokasinya berada di sebelah kiri jalan, hehe. Setelah masuk ke lokasi pantai para sobat harus membayar tiket masuk seharga Rp. 5000/orang. Tiket kendaraan pun hanya 5000/kendaraan. Jika mau ngecamp di pantai ini tidak dikenakan biaya tambahan kok. Fasilitas yang ada disana juga cukup lengkap kok, ada saung, warung, dan kamar mandi. Jadi gak perlu pusing untuk mencarinya. Cukup sekian informasi dari saya sobat, semoga anda tertarik untuk berkunjung kesana, hehe. Berikut foto-foto yang saya ambil ketika berkunjung kesana:

























Mohon kerjasamanya untuk menjaga dan melestarikan pantai ini dengan tidak membuang sampah sembarangan. Cintailah negeri ini agar kelak bisa dinikmati anak cucu kita nanti.

0 comments:

Post a Comment

 
Top